Rokan Hilir   2020/07/28 07:03:00 PM WIB

Polres Rohil Apel Pasukan Operasi Patuh Lancang Kuning

Polres Rohil Apel Pasukan Operasi Patuh Lancang Kuning

ROKAN HILIR, RIAUPAGI.com – Pelaksanaan Operasi Patuh Tahun 2020 dilaksanakan secara serentak di Indonesia. Polres Rokan Hilir (Rohil) Rabu tanggal 23 Juli 2020 mulai melaksanan apel gelar pasukan Operasi Patuh Lancang Kuning dilaksanakan di halaman apel Polres Rohil dimulai pukul 08.30 Wib.

Apel gelar pasukan ini dipimpin Wakapolres Rohil Kompol James I S Rajagukguk Sik MH, pada apel gelar pasukan operasi patuh juga dihadiri Wakil Bupati Rohil Drs Jamiludin, para Kasat dan petinggi Mapolres Rohil, Personil Satuan Lantas Polres Rohil, Personil Mapolres terkait mewakili keanggotaan Dinas Perhubungan Rohil, Kakan Satpol PP Suriadi SE, Dandim 9321 Rohil diwakili Danramil 02 Tanah Puruh Kapten Inf Khairul Anwar mewakili Jasaraharja, Personil Brimob Manggala Jountion.

Amanat Kapolres Rohil yang dibacakan Wakapolres Rohil Kompol James IS Rajagukguk Sik MH antara lain menguraikan, bahwa Operasi Patuh Lancang Kuning 2020 dilaksanakan mulai tanggal 23 Juli sampai 5 Agustus 2020 secara serentak di seluruh Wilayah Indonesia merupakan satu tugas kepolisian yang mengacu ketentuan sesuai amanat Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, tentang lalu lintas dan angkutan jalan, guna mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas (Kamseltibcarlantas).

Untuk meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalulintas, dalam amanat Kapolres yang dibacakan Kompol James IS Rajagukguk juga menyampaikan, pada operasi diharap terciptanya membangun budaya tertib berlalu lintas dan meningkatkan kualitas pelayanan publik guna terwujudnya keselamatan dalam berlalu lintas bagi pengguna kenderaan bermotor.

Kompol James IS mengingatkan, sering diabaikan bahkan tidak dianggap penting Kamseltibcarlantas ini hal itu dapat ditunjukkan dari political will pengguna lalulintas. Kesadaran pengguna lalulintas, baik pejalan kaki, pengendara kendaraan bermotor maupun pengguna jalan lainnya juga masih rendah. Jadi dengan Operasi Patuh Lancang Kuning Tahun 2020 ini diharapkan dapat Mmenekan jumlah korban fatalitas dan setidaknya meminimalisir kemacetan lalulintas serta terwujudnya Kamseltibcarlantas yang mantap.

Salah satu yang Mmenjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan. Keselamatan memang sesuatu yang pertama dan utama dalam berlalulintas. Dimana pada konteks ini, lalulintas dapat dipahami sebagai urat nadi kehidupan, cermin budaya bangsa dan cermin tingkat modernitas, tegas Kompol James IS Rajagukguk.

Polri telah menetapkan sasaran prioritas Operasi Patuh Lancang Kuning 2020 diwilayah Polda Riau adalah sebagai berikut:

    Pengemudi sepeda motor dan penumpang tidak menggunakan helm SNI;
    Pengemudi melawan arus;
    Menggunakan handphone saat mengemudi;
    Pengemudi kendaraan bermotor menggunakan narkoba/dalam pengaruh alkhohol;
    Pengemudi dibawah umur;
    Mengemudi kendaraan melebihi batas kecepatan;
    Tidak menggunakan sabuk pengamanan/safety belt dan
    Penggunaan lampu rotator/strobo

Ditempat terpisah Kasat Lantas Polres Rohil AKP David Richardo Sik usai gelar apel kepada awak media mengatakan, bahwa Operasi Patuh Lancang Kuning berfokus kepada penertiban kedisiplinan para pengguna kenderaan bermotor, sesuai amanat Kapolres Rohil tadi yang disampaikan Wakapolres Rohil Kompol James IS Rajagukguk Sik MH, “kita mengutamakan pelanggaran hunting (kasap mata) dan akan melakukan penindakan secara preventif dan pereentif,” ucapnya singkat.

Penulis: Aminuddin
Editor: Abdulah Sani

Tags : operasi patuh lancang kuning, operasi patuh 2020, rohil, index,