Headline Sorotan   2021/01/03 18:35 WIB

Tren Bersepeda di Tengah Pandemi, Bisakah 'Bertahan di 2021?'

Tren Bersepeda di Tengah Pandemi, Bisakah 'Bertahan di 2021?'

"Covid-19 memicu pelonjakan drastis penjualan sepeda sebagai tanggapan terhadap pandemi, agaknya kecemasan tren bersepeda untuk bisa bertahan di 2021 semakin terlihat "

ecemasan yang meningkat atas risiko penularan di transportasi umum dan makin banyaknya orang-orang yang berolahraga, memicu makin banyak orang memilih salah satu transportasi paling dasar, menjadikannya apa yang disebut sebagai "bike boom", atau ledakan sepeda untuk merujuk pada tren bersepeda. Fenomena tentang tren sepeda tahun ini didokumentasikan dengan baik: pemasok berjuang keras untuk memenuhi permintaan; kota-kota telah mendesain ulang jalan-jalan mereka untuk mengakomodasi pengendara sepeda; pabrik-pabrik mencoba meramalkan seberapa lama akan bertahan popularitas sepeda yang baru saja dibuat; para ekonom mempertimbangkan apakah popularitas sepeda elektronik yang meningkat akan memungkinkan lebih banyak pekerja untuk datang lagi ke kantor.

Sebuah industri yang sudah berkembang sebelum pandemi tiba-tiba melonjak pesat. Namun, apa arti bike booming itu bagi masa depan sepeda?  Bersepeda telah lama menjadi salah satu metode transportasi tercepat, paling fleksibel, dan dapat diandalkan. Bahkan sebelum pandemi, jutaan orang bergantung pada sepeda untuk melakukan pekerjaan atau berangkat kerja. Tetapi ketika keharusan untuk tinggal di rumah untuk sementara waktu membatasi kehidupan sehari-hari di seluruh dunia, peran sepeda berubah.

Satu dari 10 orang dewasa Amerika melaporkan telah mengendarai sepeda untuk pertama kalinya dalam setahun (atau lebih lama) sejak awal Covid-19, menurut penelitian oleh People for Bikes, sebuah koalisi industri yang berbasis di Colorado, AS. Dan pada Maret 2020, pengendara di jalan setapak di AS memuncak pada peningkatan tiga kali lipat dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2019, menurut Rails-to-Trails Conservancy, sebuah organisasi nirlaba yang mempromosikan pengembangan jalur rel yang tidak digunakan menjadi jalur untuk berjalan kaki dan bersepeda di Amerika Serikat. "Orang-orang di rumah tanpa melakukan apa-apa, sepeda menganggur di garasi mereka dengan ban kempes," kata Morgan Lommele, direktur kebijakan negara di People for Bikes dirilis BBC News.

"Salah satu hambatan bersepeda selama berabad-abad adalah kecemasan tentang suatu benda yang memiliki 100 bagian yang bergerak: orang khawatir, 'Bagaimana cara menyimpannya? Bagaimana cara memperbaikinya? '"

Tapi karantina wilayah atau lockdown mengubahnya. "Tiba-tiba, semua orang punya waktu untuk bermain-main". Aplikasi kebugaran seperti Strava melaporkan lonjakan besar dalam bersepeda di kota - kota yang tak terduga seperti Los Angeles dan Houston. "Sejak awal penguncian pada bulan Maret, kami telah melihat permintaan sepeda yang meningkat," kata Edoardo Girardi, manajer umum Full Speed Ahead Europe.

Di banyak daerah, pusat kebugaran dan kolam renang telah ditutup selama berminggu-minggu, "yang bisa menjadi salah satu alasan meningkatnya permintaan", kata Girardi.

Memang, beberapa negara memberi insentif atas pembelian sepeda baru atau pengeluaran perawatan sepeda dalam upaya mendorong pengendara selama pandemi. Italia, misalnya, mengalokasikan €210 juta, atau setara Rp3,6 triliun, untuk program cash-back di mana penduduk Italia yang membeli kendaraan tanpa mesin memenuhi syarat untuk mendapatkan insentif €500, atau sekitar Rp8,6 juta, sementara Prancis juga telah menetapkan program serupa.

Dengan karantina wilayah dan jarak sosial yang kokoh, pengecer sepeda tiba-tiba menjadi "layanan penting" dan diberi pengecualian oleh pemerintah, menempatkan mereka setara dengan toko grosir. Tetapi pabrikan sepeda bergantung pada rantai produksi yang dinamis dan beragam secara geografis, dengan suku cadang yang datang dari seluruh dunia - rantai yang menjadi jungkir balik akibat pandemi.

Will Butler-Adams, direktur pelaksana Brompton Bikes yang berbasis di Inggris, mengatakan bahwa pemasok logam mentah perusahaan ditutup, sementara kontainer pengiriman yang membawa barang-barang mereka terjebak di Rotterdam selama seminggu, yang menyebabkan pengurangan jumlah produksi dan ketidakseimbangan peralatan. "Kami melihat lockdown terjadi beberapa bulan sebelum [itu] terjadi, karena banyak pemasok kami berada di Asia," kata Butler-Adams.

Brompton mengirim pulang karyawan yang rentan pada awal Februari dalam upaya meminimalkan risiko kesehatan, dan menerbangkan stok darurat dari pemasok di Asia hampir dalam semalam saat pabrik di Inggris tutup. Karena banyak komponen sepeda, termasuk drivetrains, derailleur, dan rem, terus diproduksi hampir secara eksklusif di Asia, beberapa di industri memperkirakan bahwa virus corona akan mengalihkan manufaktur sepeda ke Inggris, kata Butler-Adams.

Faktanya, pemasok Brompton di Taiwan melanjutkan produksi, sementara perusahaan harus berebut bahan mentah di rumah, di mana pabrik beroperasi dengan kapasitas yang berkurang. "[Lokasi] di mana kami dalam kesulitan adalah stok kami di Eropa dan Inggris," kata Butler-Adams.

"Untungnya, kami memiliki persediaan tambahan untuk persiapan Brexit - jika kami tidak memiliki bahan darurat tersebut, kami harus menutupnya. Tapi tentu saja kami sekarang akan memasuki Brexit tanpa stok Brexit."

Dengan permintaan sepeda yang begitu tinggi, perusahaan melihat peluang baru: menyediakan sepeda bagi perawat, dokter, dan dokter agar mereka dapat pergi ke rumah sakit dan menghindari transportasi umum. Brompton mengumpulkan £375.000, atau sekitar Rp7,1 miliar untuk kampanye Wheels for Heroes, yang memasok hampir 800 sepeda kepada lebih dari 3.000 petugas kesehatan di Inggris.

Brompton juga meningkatkan produksi sebesar 30% dan berencana merekrut hampir 200 pekerja dalam tahun depan. Apakah tren sepeda hanya merupakan respons pasar terhadap pandemi, seperti banyak hal lainnya - makan di luar ruangan, penjualan puzzle, membuat roti - atau akankah perubahan seperti jalur sepeda baru, insentif perjalanan perusahaan, dan bersepeda santai menjadi permanen?. "Sebagian besar pertumbuhan yang kami lihat adalah rekreasi bersepeda, yang merupakan pintu gerbang menuju transportasi bersepeda," kata Lommele.

"People for Bikes sedang meneliti perubahan sementara yang dilakukan kota-kota akibat Covid-19, dan apakah perubahan itu akan menjadi permanen."

Di antara pertanyaan-pertanyaan yang mereka minati adalah faktor-faktor apa yang dapat membantu pengendara baru mempertahankan tingkat pengendaraan, dan bagaimana perubahan desain perkotaan yang ditimbulkan selama pandemi dapat memengaruhi pengendara sepeda. Paris menambahkan ratusan kilometer jalur sepeda di sepanjang Rue du Rivoli, sementara di London, jalur sepeda khusus sekarang membentang di sepanjang Hyde Park.

Peningkatan akses ke jalur sepeda menciptakan lebih banyak insentif untuk pengendara, yang pada akhirnya mengurangi lalu lintas dan emisi. Sementara itu, penjual sepeda tidak dapat memenuhi permintaan sepeda jalan raya saat ini dalam kisaran $500- $ 1.500 dan mengarahkan konsumen untuk mencari sepeda bekas secara online, memperbaiki kendaraan roda dua lama mereka, atau membayar untuk model yang lebih mahal.

Sementara dukungan dari konsumen, perancang perkotaan dan pejabat terpilih mungkin membuatnya tampak seperti tren yang kuat, beberapa petinggi bisnis tetap skeptis, bertanya-tanya apakah masuk akal untuk berinvestasi dalam peningkatan kapasitas sepeda dalam jangka panjang mengingat anomali ekonomi tahun 2020. "Ini tidak mungkin bahwa permintaan ini akan terus meningkat," kata Girardi.

Tentu saja, perluasan jumlah pengendara sepeda bergantung pada lebih dari sekedar perluasan pabrikan atau bahkan akses ke suku cadang sepeda tertentu. Ada aspek lain yang terlewatkan dari tren sepeda: kemunculan sepeda e-cargo secara bersamaan, sebuah fenomena yang berpotensi mengubah model transportasi sepenuhnya. Dikenal dalam industri logistik sebagai kendaraan angkutan listrik ringan (LEFV), sepeda kargo elektronik memiliki bantuan pedal listrik dan dapat dikendarai di jalan raya dan jalur sepeda, mempercepat barang dan jasa ke tujuan mereka tanpa terjebak dalam lalu lintas atau memuntahkan emisi.

Di banyak kota, LEFV dapat berjalan lebih cepat daripada van pengiriman tradisional karena dapat dikendarai di sepanjang jembatan sepeda dan jalan pintas lainnya. Untuk saat ini, bersepeda gaya kuno sedang menikmati kebangkitan. Sepeda menyediakan cara jaga jarak sosial bagi pekerja sektor penting untuk bisa menjalankan profesinya, alternatif yang sehat untuk gym atau kereta bawah tanah, dan visi baru jalan-jalan kota. "Lockdown berarti tiba-tiba jalanan menjadi sunyi, udaranya bersih dan orang-orang merasa aman," kata Butler-Adams.

"Ya, ada ketakutan akan transportasi umum, tapi kebanyakan itu adalah kegembiraan menikmati kota sebagaimana mestinya". (*)

Tags : Tren Bersepeda, Pandemi, Bersepeda di 2021,