Kesehatan   2022/07/23 23:13 WIB

Jangan Lewatkan Vaksinasi Massal di CFD, Diskes: Pasien Positif Tak Harus Dirawat di Rumah Sakit

Jangan Lewatkan Vaksinasi Massal di CFD, Diskes: Pasien Positif Tak Harus Dirawat di Rumah Sakit
Kadiskes Riau, Zainal Arifin

PEKANBARU - Dinas Kesehatan (Diskes) Riau akan membuka layanan vaksinasi massal di area Car Free Day (CFD) Pekanbaru pada Minggu (24/7/2022).

"Diskes tidak menempatkan perawatan pasien Positif Covid-19 di Rumah Sakit."

"Jadi layanan vaksinasi massal di area CFD Pekanbaru kita laksanakan menjelang kita buka Mal Vaksinasi," kata Kadiskes Riau, Zainal Arifin, Sabtu (23/7/2022).

Layanan vaksinasi massa di area CFD ini akan berlangsung hingga 7 Agustus 2022. Pelaksanaan vaksinasi dimulai pukul 07.00 WIB pagi sampai pukul 11.00 WIB siang.

Layanan vaksinasi massal ini sengaja dibuka di tempat umum setelah adanya kebijakan pemerintah pusat mewajibkan masyarakat yang ingin melakukan perjalanan domestik dan internasional menggunakan pesawat harus dilengkapi vaksin Booster.

"Setelah itu, kami akan membuka mall vaksinasi di Jalan Melur, yang kami rencanakan akan dibuka mulai tanggal 9 Agustus 2022 mendatang," tambahnya.

Zainal menuturkan, saat ini perjalanan domestik menggunakan pesawat sudah diwajibkan untuk vaksin Booster. Bagi yang belum Booster, maka hanya menyertakan tes Antigen dan Swab PCR.

"Karena saat ini perjalanan menggunakan pesawat sudah diwajibkan vaksin Booster, maka kita akan melakukan vaksinasi massal setiap CFD di Pekanbaru. Ini kita lakukan untuk mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pelayanan vaksin Booster," sebutnya.

Zainal menegaskan, upaya ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat yang akan melaksanakan vaksinasi. Khususnya vaksin booster. Sebab saat ini pemerintah sudah menerapkan kebijakan vaksin booster sebagai syarat perjalanan dan masuk ke area publik.

"Mudah-mudahan dengan upaya-upaya yang kita lakukan ini bisa meningkatkan capaian vaksinasi booster kita yang memang sampai saat ini masih rendah," pungkasnya.(*)

Zainal Arifin juga menyatakan, meski saat ini kasus Covid-19 di Riau mengalami lonjakan, namun sebagian besar mereka bergejala ringan, dan tidak perlu dirawat di rumah sakit.

Itulah sebabnya kenapa saat ini jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit tidak bertambah, meski di sisi lain terjadi lonjakan kasus Covid-19.

"Misalnya kemarin, ada penambahan 22 kasus baru, itu tidak ada satu pun yang dirawat di rumah sakit. Karena memang gejalanya ringan," kata Zainal dilansir mcr, Sabtu (24/7/2022).

Zainal menuturkan, pasien yang terkonfirmasi Covid-19 pada umumnya sudah divaksin. Meski belum seluruhnya melengkapi vaksinasi hingga dosis ketiga atau booster.

"Jadi vaksinasi ini lah yang penting, karena ingin yang bisa membantu, artinya kalau pun mereka terpapar Covid-19 itu tidak berat gejalanya," tuturnya.

Menyikapi hal tersebut pihaknya saat ini lebih fokus untuk menyiapkan layanan vaksinasi. Diantaranya dengan membuka layanan vaksinasi massal dan mall vaksinasi.

Selain itu, pihaknya bersyukur, meski sejak 3 pekan terakhir ini kasus Covid-19 di Riau mengalami peningkatan, namun untuk kasus kematian tidak ada penambahan atau nihil.

"Memang kebanyakan mereka bergejala ringan, dan umumnya pasien komorbid yang dirawat di rumah," tandasnya. (*)

Tags : Vaksinasi Massal, Layanan Vaksin di Car Free Day, Pasien Positif Tak Harus Dirawat di Rumah Sakit,