Csr   2020/07/19 09:51:00 PM WIB

PT Musim Mas Aktif Salurkan CSR

PT Musim Mas Aktif Salurkan CSR

KEPEDULIAN PT Musim Mas (MM) terhadap masyarakat sekitar lingkungan yang bersempadan dengan perusahan medapat apresiasi dari kalangan anggota dewan di Kabupaten Pelalawan. “Bentuk kepedulian PT Musim Mas (PT MM) dalam bidang pendidikan,sosial,agama, pemuda, insfratuktur dan yang lainnya kita apresiasi,” kata Anggota DPRD Komisi II Kabupaten Pelalawan Abdul Nasib SE.

“Ini merupakan bentuk nyata keseriusan PT MM dalam mendukung penuh pembangunan di Kabupaten Pelalawan, Riau,” sebut Abdul Nasib didepan media belum lama ini.

Belum lama ini PT MM mampu melakukan perbaikan jalan poros Desa Tanjung Beringin Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan, Riau adalah bentuk hubungan perusahan dengan desa terjaga harmonis. “Kita tau kok perusahaan komit menyalurkan program Corporate Social Responsibility (CSR) nya. Kalau untuk kepentingan umum perusahan ini cepat tanggap. Sudah seharusnya perusahan yang ada di kabupaten Pelalawan ini menjalankan program CSR dengan baik lagi, seperti dilakukan PT MM,” ucapnya.

Abdul Nasib menghimbau seluruh perusahaan yang berinvestasi di Pelalawan untuk lebih proaktif dalam penyaluran CSR kepada masyarakat dan pemerintah setempat. “Sesuai amanat Undang-Undang bahwa setiap perusahaan selain wajib melestarikan lingkungan juga membangun ekonomi masyarakat setempat,” kata dia.

Menurut Abdul Nasib, ada juga sebagian perusahaan yang beroperasi di Pelalalwan belum sepenuhnya menyerahkan bantuan CSR. Perusahaan harus punya kesadaran yang tinggi dan peka terhadap kondisi daerah. ”Apa yang diberikan PT MM untuk masyarakat kita jangan hanya mencari dan meninggalkan sisa-sisa dampak negatif dari kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan,” terangnya.

Sebaliknya, Abdul Nasib mengaku, jika perusahan tersebut tidak melakukan kewajibannya untuk melaksanakan CSR maka dapat dikenakan sangsi adminisitatif, mulai dari peringatan tertulis hingga pencabutan izin. ”Nah hal ini yang begini patut diawasi, jangan hanya menggali kekayaan saja sementara kewajiban terhadap lingkungan diabaikan,” ujarnya.

Secara kelembagaan tambahnya, pihaknya tetap menjalankan fungsi dewan yakni kontrol sosial. Artinya, jika kedepan masih ada perusahan yang mengabaikan UU mengenai CSR ini maka akan ditindak langsung. ”Kita welcome ke siapapun juga baik yang sudah maupun belum untuk menanamkan modalnya di Pelalawan, tapi yang sudah menjadi hak masyarakat harus diprioritaskan agar amanat UU benar-benar kita jalankan, dan masyarakat yang berada di sekitar perusahan merasakan manfaatnya,” ungkapnya.

Lebih jauh Ia mengatakan, sejauh ini terpantau perusahaan-perusahaan yang ada di Pelalawan sudah menjalankan program sebagai bentuk tanggung jawab sosial mereka kepada daerah. “Mudah-mudahan kedepan perusahaan membantu tepat sasaran, seperti dilakukan PT MM, Insya Allah ekonomi akan bangkit,” pungkasnya.

Sementara Kepala desa Tanjung Beringin Syafri juga mengapresiasi PT MM aktif membantu desa yang bersepadan, “apa yang di mohon kan hal bantuan untuk kepentingan umum perusahan cepat merespon,” sebutnya.

Perbaikan jalan poros Desa Tanjung Beringin, dicontohkannya, perusahaan dengan cepat menurunkan alat berat greder dan compactor membantu perbaikan jalan desa dan saat ini tidak ada hambatan, ” kedepannya diharapkan hubungan perusahan dengan desa tetap terjaga dengan baik,” ujarnya. Begitu juga halnya Camat Pangkalan Kuras, Firdaus Wahidin menyambut baik langkah perusahaan memberikan bantuan alat berat memperbaiki akses jalan desa di wilayahnya. Karena pembangunan bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, namun juga pihak swasta, kata Firdaus.

Hadapi covid-19, salurkan sembako

Menghadapi covid-19, PT Musim Mas komit dan gencar memberikan bantuan sembako berupa beras, mie dan minyak goreng buat masyarakat Kabupaten Pelalawan yang terdampak Virus Corona Dieses-19 (Covid-19). Manager Humas Humas PT Musim Mas (MM), Ibrahim turun langsung bersama Kepala Dinas (Kadis) Sosial HT Mukhtaruddin di Kantor Dinas Sosial kawasan Bhakti Praja Pangkalan Kerinci.

Pelaksana Kepala Dinas Sosial Pelalawan, HT Mukhtaruddin dalam pemaparannya mengucapakan terimakasih atas kepedulian PT Musim Mas yang menyalurkan bantuan sembako buat masyarakat Pelalawan yang terdampak Covid-19. “Mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat dan kita teruskan kepada masyarakat Pelalawan yang berhak. Kita juga mengharapkan bantuan dari perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Pelalawan untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19 seperti dilakukan PT MM,” ucapnya.

Mukhtaruddin mengaku bantuan PT Musim Mas yang ke-7 sudah diterima Dinas Sosial untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19. “Ke depan saya minta dari perusahaan yang ada di Pelalawan untuk memberikan bantuan ke masyarakat Pelalawan akibat Covid’19,” harap Mukhtaruddin.

PT Musim Mas juga telah menyalurkan bantuan sembako untuk anak yatim dan orang tua jompo di sekitar perusahaan. Bantuan ini bertujuan membantu masyarakat dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1441 H dan menghadapi kondisi pandemi COVID-19. Adapun sasaran bantuan diberikan seperti Desa Batang Kulim, Desa Talau, Desa Betung, Desa Tanjung Beringin, Desa Kesuma, Kelurahan Sorek Satu yang termasuk dalam Kecamatan Pangkalan Kuras. Desa Pesaguan, Desa Dusun Tua, Kelurahan Pangakalan Lesung, Dusun Solok Gerimbang, Dusun Equator, Dusun Tambun yang termasuk dalam Kecamatan Pangakalan Lesung, Desa Air Emas yang termasuk dalam Kecamatan Ukui dan Desa Kuala Semundam, Desa Lubuk Terap yang termasuk dalam Kecamatan Bandar Petalangan.

Bahan bahan sembako yang diberikan kepada Anak yatim sebanyak 435 paket. Bantuan sembako dan bahan-bahan pokok seperti beras 5 kg, gula 1 kg, telur 1 papan, minyak goreng MM 1 Liter, susu 1 kaleng, teh 1 kotak, sarden 1 kaleng & mie instan 1 kotak diterima setiap anak yatim perpaketnya.

Lurah Sorek Satu, Ridawati Erma SH mengucapkan terimakasih atas bantuan yang telah diberikan oleh PT Musim Mas kepada Anak Yatim yang ada di desa sekitar khususnya Kelurahan Sorek Satu. “Tentunya kami mengucapkan terimakasih kepada PT Musim Mas atas bantuan yang telah diberikan kepada warga kami. Bantuan ini langsung kami distribusikan kepada anak yatim yang ada di Kelurahan Sorek Satu dan kami juga berharap PT Musim Mas semakin sukses,” tutur Ridawati.

Hal senada juga disebutkan Firdaus Wahidin, Camat Kecamatan Pangkalan Kuras memberikan dukungan dan apresiasi terhadap bantuan yang telah diberikan PT Musim Mas kepada anak yatim khususnya yang berada di Kecamatan Pangkalan Kuras. “Terimakasih atas bantuan yang telah diberikan kepada anak yatim di sekitar perusahaan, bantuan ini sangat dibutuhkan oleh anak yatim mengingat kondisi saat ini banyak keluarga yang membutuhkan bahan pokok. Momen inilah saatnya kita saling bahu membahu yang sangat berguna bagi masyarakat kita,” ujar Firdaus.

Manager Humas PT Musim Mas, Ibrahim dalam sambutannya menyebutkan sudah selayaknya perusahaan dapat memperhatikan lingkungan masyarakat sekitarnya. “Maju mundurnya perusahaan tentu berkat dukungan masyarakat dan pemerintah setempat. Bantuan yang kita salurkan untuk meringankan beban hidup masyarakat yang terdampak virus corona. PT Musim Mas Group melalui CSR nya memberikan bantuan sembako berupa beras, minyak goreng dan mie kepada masyarakat Pelalawan. Harapan saya, Dinas Sosial dapat meneruskan bantuan kepada masyarakat yang betul betul berhak untuk mendapatkan bantuan,” papar Ibrahim yang berharap bantuan yang disalurkan semoga bisa tepat sasaran dan bermanfaat untuk saudara-saudara kita yang sedang mengalami kesulitan ekonomi, adik-adik kita anak-anak yatim yang ada di sekitar perusahaan. (*)

Tags : csr, Index, pelelawan, pt mm salurkan csr, pt musim mas,